Kuburan Es Mars Digali Terus

Minggu, 14 Maret 2010 3/14/2010 05:14:00 PM By Suara Surabaya , In

CALIFORNIA--MI: Gletser es yang luas telah diketahui berada di Mars. Untuk mendapatkannya, kita harus menggali dulu untuk menemukannya.

Sejatinya, deposit es yang tersembunyi itu telah dikonfirmasi pertama kali dua tahun lalu. Tapi, baru-baru ini, hasil pemindaian planet merah Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA mengungkapkan petunjuk baru tentang bagaimana lapisan es bisa terkubur.

Para ilmuwan berpendapat bahwa kuburan gletser Mars sebagai sisa-sisa ketika daerah es mulai menyusut. "Hipotesisnya adalah seluruh wilayah itu ditutupi dengan lapisan es selama satu periode iklim. Ketika iklim kering tiba, deposit ini tetap. Hanya, lapisan es telah ditutupi untuk melindungi lapisan es dari atmosfer," kata Jeffrey Plaut dari Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, California. 

Es membentang ratusan mil atau kilometer di daerah lintang tengah Mars yang disebut Deuteronilus Mensae. Plaut dan rekan baru-baru ini menggunakan instrumen shallow radar di pesawat ruang angkasa untuk menyusun peta es Mars dengan lebih dari 250 pengamatan di wilayah yang kira-kira seukuran California.

"Kami telah memetakan seluruh daerah dengan kepadatan tinggi," kata Plaut. "Ini bukan daerah terisolasi. Di daerah ini, radar mendeteksi lapisan es tebal di bawah permukaan pada banyak lokasi." Para peneliti menyajikan peta itu pada minggu ini di Lunar Planetary Science Conference ke-41 di dekat Houston.

Studi masa depan es yang terkubur ini dapat mengungkapkan lebih lanjut tentang kondisi lingkungan pada saat itu diendapkan. Gletser bisa menjadi sasaran yang menjanjikan bagi masa depan misi ke Mars, kata para ilmuwan. (Space.com/OL-04)

0 komentar:

Posting Komentar