Menakjubkan, Pluto Ganti Warna

Kamis, 18 Maret 2010 3/18/2010 05:16:00 PM By Suara Surabaya , In ,

WASHINGTON--MI:Permukaan Planet Pluto berubah memerah dan sebagiannya lagi berbentuk bola es di sana-sini.

Para astronom terkejut melihat itu. Foto terbaru dirilis Teleskop luar angkasa Hubble memperlihatkan foto satu waktu planet--ilmuwan menggolongkan kecil atau kerdil pada 2006--yang berubah warna dan berlapis es.

Foto-foto yang dirilis oleh NASA, Kamis (4/2), melukis Pluto secara signifikan lebih merah daripada sebelumnya selama beberapa dekade. Untuk orang awam, Pluto memiliki rona kuning-oranye. Tapi, para astronom mengatakan sejatinya planet itu memiliki sekitar 20 persen lebih merah daripada yang dulu. 

Gambar-gambar menunjukkan nitrogen yang membeku pada permukaan Pluto sebagian membesar dan menyusut, cerah di utara dan gelap di selatan. Para astronom mengatakan permukaan Pluto yang berubah lebih banyak daripada permukaan planet lain dalam tata surya. Perubahan itu tak terduga karena satu musim berlangsung 120 tahun di beberapa daerah Pluto.

"Ini sedikit mengejutkan untuk melihat perubahan-perubahan ini terjadi begitu besar dan begitu cepat," kata astronom Marc Buie dari Southwest Research Institute di Boulder, Colo. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya."

Dari tahun 1954 hingga 2000, Pluto tidak ada perubahan warna ketika difoto dari Bumi. Tapi, setelah itu, terjadi perubahan. "Tingkat merah meningkat sebesar 20 persen, mungkin hingga 30 persen, dan stabil dari sekitar tahun 2000 sampai 2002," ujar Buie.Tapi, itu tidak berwarna merah seperti Mars. (AP/OL-04)

0 komentar:

Posting Komentar