Tabrakan Dua Asteroid Ciptakan Komet Unik

Minggu, 28 Maret 2010 3/28/2010 04:57:00 PM By Suara Surabaya , In , ,

CAPE CANAVERAL--MI: Para astronom telah menemukan benda mirip komet yang diyakini berasal dari hasil tabrakan dua asteroid, mungkin masih bersaudara dengan batu angkasa yang diduga membunuh dinosaurus jutaan tahun lalu.

Objek, yang dikenal dengan P/2010 A2, sedang berputar-putar sekitar 90 juta mil (144 juta km) dari Bumi di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter ketika ditemukan minggu lalu menggunakan teleskop luar angkasa Hubble. "Sebenarnya kami masih berjuang untuk memahami apa artinya ini," pimpinan ilmuwan, David Jewitt, di University of California, Los Angeles, kepada Reuters pada Selasa (2/2). "Kemungkinan besar ini adalah hasil dari tabrakan baru-baru ini antara dua asteroid." 


Jika demikian, "Ini akan menjadi kasus pertama yang kami lihat terjadinya tubrukan asteroid."

Objek menyerupai komet itu yang bagian intinya terpotong oleh ekornya memiliki penampilan sangat aneh. "Kami belum pernah lihat sebelumnya yang seperti ini," kata Jewitt.

Studi tentang objek itu akan lebih meningkatkan pemahaman ilmuwan tentang bagaimana asteroid dapat hancur berantakan. Informasi ini mungkin berguna untuk menghalangi serangan asteroid dari Bumi di masa depan.

"Hal yang kami ingin pahami adalah bagaimana asteroid menabrak asteroid lainnya dan saling menghancurkan," kata Jewitt. "Itu bisa membantu kami memahami cara untuk menghancurkan sebuah asteroid dan mencegah salah satu darinya menimpa Bumi." (*/OL-04)

0 komentar:

Posting Komentar