Terkuak, Fosil Dinosaurus Spesies Baru

Selasa, 06 April 2010 4/06/2010 05:05:00 PM By Suara Surabaya , In ,

SALT LAKE CITY--MI: Para ilmuwan telah menemukan sebuah fosil dinosaurus spesies baru di daerah bebatuan di Utah, Amerika Serikat.

Karena terkubur di daerah bebatuan, fosil tersebut sulit untuk digali sehingga digunakanlah bahan peledak untuk mendapatkannya secara utuh. Rangka yang ditemukan di area Monumen Nasional Dinosaurus itu merupakan tipe sauropod, yakni dinosaurus berleher panjang pemakan tumbuhan. Diduga, ia merupakan hewan terbesar yang pernah hidup di wilayah itu.

Penemuan tersebut termasuk dua rangka utuh dari tipe sauropod lainnya yang ternyata merupakan jenis dinosaurus langka. "Rangka itu memperjelas penelitian kehidupan dinosaurus pada sekitar 105 tahun yang lalu, termasuk proses evolusi gigi sauropod yang mengungkap kebiasaaan makan hewan tersebut dan informasi lainnya," kata Dan Chure, seorang paleontolog yang meneliti wilayah perbatasan antara Utah dan Colorado. 

Dari 120 spesies sauropod, hanya delapan rangka yang ditemukan utuh. Hal itu disebabkan tulang mereka sangat tipis dan jaringannya rapuh sehingga sangat mudah mengurai.

Spesies baru itu dinamakan Abydosaurus mcintoshi. Para peneliti mengatakan spesies itu merupakan bagian dari keluarga brachiosaurus, dinosaurus vegetarian berkaki empat dan berukuran sangat besar.

Penemuan ini dipublikasikan minggu ini di jurnal Naturwissenschaften. Kini, rangka tersebut dipajang di Museum Paleontologi BYU. (Pri/AP//OL-04)

0 komentar:

Posting Komentar